Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.

MANAJEMEN REMOTE ACCESS

3 Comments »
Sampurasun...... hai kawan selamat datang di blog saya Renaldi Kencana Alamsyah anak dari SMK Bandung Selatan 1 kelas TKJ 2,, disini saya ingin share ilmu dengan kalian tentang apa saja yang berhubungan dengan TKJπŸ˜‹πŸ˜‹ dan kali ini saya akan share ilmu tentang MANAJEMEN REMOTE ACCESS Check it out 😊😊


1. PENGERTIAN REMOTE ACCESS





Remote Access adalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatunetwork sentral dari suatu lokasi. Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satutempat, lewat kabel telepon, terhubung ke suatu PC atau server pada network utama suatuperusahaan. Adapun oleh Utomo, dkk (2010) Remote access didefinisikan sebagai Remote access merupakan sistem yangbisa digunakan dalam pengendalian suatu manajemen jaringan, dimana administrator dapat denganmudah mengontrol dan mengawasi komputer client, berinteraksi dengan user, backup data, atauaktifitas lainnya.Sedangkan menurut Dhawan (1998) dalam Eliminate Guess Work (2010), Remote Accessadalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatu network sentral dari suatu lokasi.Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satu tempat, lewat kabel telepon, terhubung kesuatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan.Secara umum aplikasi remote access mempunyai beberapa fungsi dalam manajemen jaringan,menurut wahana dan andi (2010), dalam bukunya Cara Jitu Pengelolaan Jaringan Windows denganRemote Desktop dan Administration, ada beberapa kegunaan remote access/Remote Desktop yang lazim diantaranya:
Mengendalikan komputer lain dari lokasi yang remote, misalnya untuk mengakses softwaredi komputer yang ada di divisi atau bagian lain di perusahaan oleh pengguna technicalsupport perusahaan diruang kerjanya.
Mematikan komputer dari jarak jauh.
Menghidupkan ulang komputer/restart dari jarak jauh.
Memodifikasi setting registry komputer lain dari jarak jauh.
Mengawasi penggunaan komputer lain dari jarak jauh.
Membantu pengguna lain memecahkan masalah di PC-nya dari jarak jauh.
Mengawasi penggunaan program berjalan / internet dari jarak jauh.
Pemeliharaan (maintenance) komputer dari jarak jauh.
Sharing resource dari jarak jauh.
2. SEJARAH

Pertengahan 1980-an ketika PC mulai populer, beberapa sistem komputer mulaiberpindah dari model sebuah mainframe dengan banyak terminal. LAN lahir ketikakebutuhan akan pertukaran informasi antara satu komputer dengan yang lain. Kemudiansebagian besar perusahaan mempunyai LAN yang menggunakan kabel.Memasuki tahun 1990-an, perusahaan-perusahaan yang mempunyai kantor pada lokasiterpisah, mulai memikirkan cara lain untuk pertukaran informasi. Ditambah denganukuran PC yang semakin kecil dan konsep PC yang mobil. Para user menginginkankemampuan akses yang sama antara ketika mereka berada di jalan dengan ketika beradadi kantor. Kebutuhan akan remote site dan remote user melahirkan remote access.Salah satu alasan mengapa teknologi remote access menjadi salah satu pasar denganpertumbuhan tercepat adalah pertumbuhan jumlah komputer notebook dengankemampuan tinggi yang luar biasa.Trend ini memungkinkan kemampuan orang-orangyang lebih banyak berada di luar untuk akses ke jaringan (network) utama. Selain itupenurunan harga modem kecepatan tinggi yang memungkinkan komunikasi remotemenjadi suatu option untuk siapa saja. Juga ditunjang dengan jalur telepon dengankualitas yang lebih tinggi dan biaya lebih rendah contohnya adalah ISDN.
Banyak perusahaan tertarik dengan remote access karena perusahaan yang memakairemote access memiliki kelebihan kompetitif dengan memberikan akses langsunginformasi kritis di mana pun mereka berada.Dengan teknologi remote akses, perusahaandapat memberikan dukungan dan respon yang lebih baik kepada pelanggan.Kelebihan kompetitif lainnya adalah membuat pekerja menjadi lebih produktif danefisien. Memungkinkan pekerja bekerja di rumah tanpa gangguan yang memberikan lebihbanyak pilihan gaya hidup. Penelitian menunjukkan telekomuter mempunyai loyalitasterhadap perusahaan yang lebih tinggi dibandingkan pekerja kantor biasa. PenelitianCalifornia Telecommuting Pilot Programm menemukan telecommuting meningkatkanproduktivitas 10 sampai 30 % dalam banyak kasus. Perusahaan memilih remote accessuntuk mengurangi jumlah dan ruang kantor yang diperlukan. Dengan banyak pekerjaberada di luar kantor, ruang kantor dapat digunakan sebagai part time basis, dan ruangkantor dapat dikonsolidasi.Aplikasi yang banyak menggunakan remote access adalah :
pertukaran surat elektronik
tranfer file
akses database
remote scheduling
remote printing
manajemen jaringan (network management)
Industri-industri yang membutuhkan remote access antara lain :
perusahaan telekomunikasi
real estate
keamanan finansial
arsitektur
akuntansi
medis meliputi rumah sakit dan sistem informasi medis
perusahaan pengiriman dan pengangkutan
perusahaan asuransi
provider internet.


TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA, SEMOGA BERMANFAAT DAN MENAMBAH ILMU ANDA 😊


Ig/Id : renaldi_fals29
#SMKBansel1
#K1R

February 01, 2017

3 Responses to "MANAJEMEN REMOTE ACCESS"

Shikamaru Nara Says :
June 13, 2020 at 2:04 AM

infonya sangat bermanfaat bagi ane
alas service

Unknown Says :
December 8, 2021 at 4:59 PM

Mksh min infijya πŸ˜ƒ

Anonymous Says :
April 11, 2023 at 11:09 PM

Xiexie

Post a Comment