Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.

PROTOKOL PENGALAMATAN

0 Comments »
Sampurasun...... hai kawan selamat datang di blog saya Renaldi Kencana Alamsyah anak dari SMK Bandung Selatan 1 kelas TKJ 2,, disini saya ingin share ilmu dengan kalian tentang apa saja yang berhubungan dengan TKJπŸ˜‹πŸ˜‹ dan kali ini saya akan share ilmu tentang PROTOKOL PENGALAMATAN Check it out 😊😊

Protokol pengalamatan adalah sebuah aturan yang mengatur dan ijin komunikasi dan hubungan di lebih titik komputer.

1. Pengalamatan IP v4
Pengalamatan ini mengindenfikasikan suatu komputer sehingga memiliki identitas yang unik. IP v4 memiliki notasi biner yang panjang yakni 32 bit dan menganut konsep classful addressing.\

2. IP v4 Address Syntax
Sistem pengalamatan menggunakan notasi biner 32 bit dan dibagi 4 kelompok (1 kelompok terdiri 8 bit). Cara penulisan alamat menggunakan angka desimal dan setiap pemisah di beri tanda titik.

3. IP v4 Address Prefixes
Memiliki fungsi untuk menunjukkan banyaknya jumlah alamat pada IP v4. Untuk menentukan panjang notasi dengan cara merubah bit menjadi 0 kemudian dikonversikan ke notasi desimal lalu tambahkan potongan bit yang telah ditentukan diawal pengalamatan.
Tipe dari IP v4 Address :

   ➹ Unicast
  ➹ Multicast
  ➹ Broadcast


Didalam IP V4 alamat IP dibagi menjadi 5 Kelas yaitu :

    Kelas A : 1 – 126
    Kelas B : 128 - 191
    Kelas C : 192 – 223
    Kelas D : 224 – 239
    Kelas E : 240 – 255


Dalam pengalamatan IP V4 didasari oleh karaterisktik di bawah ini :

   ⦽ Network ID
   ⦽ Host ID
   ⦽ Subnet Mask
   ⦽ Broadcast


IP v4 Unicast Addressses
Penugasan terhadap interface jaringan pada subnet khusus. Jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP harus diidentifikasikan menggunakan sebuah alamat unicast. Komponen dari alamat unicast ini dibagi menjadi dua jenis, yakni alamat host dan alamat jaringan.

IP v4 Multicast Addresses
Penugasan terhadap lebih dari sati interface jaringan dengan subnet yang berbeda. Digunakan untuk  komunikasi satu ke komputer yang lainnya. Multicast IPAddress alamat yang digunakan menyampaikan satu paket ke banyak penerima.

IP v4 Broadcast Addresses
Merupakan penugasan interface jaringan dalam suatu subnet. Alamat IP broadcast hanya dapat digunakan untuk alamat tujuan saja tidak dapat digunakan alamat sumber.

Ada 4 Jenis alamat IP Broadcast :

   ⧬ Network Broadcast
   ⧬ Subnet Broadcast
   ⧬ Al subnets directed broadcast
   ⧬ Limited Broadcast














 

 MACAM-MACAM PERALATAN JARINGAN

1. Network Interface Card
Perangkat yang memungkinkan komputer bergabung dalam LAN atau jaringan lokal. Fungsi dari Network Interface Card adalah sebagai penghubung komputer untuk mengirim dan menerima data

2. PCMCIA Network Interface Card
Kartu jaringan yang digunakan untuk menghubungkan kedalam suatu jaringan tanpa menggunakan kabel.

3. Modem
Modem atau Modul the modulator ialah peralatan jaringan untuk menghubungkan ke suatu jaringan internet dengan cara menggunakan kabel telepon

4. HUB / Switch
Fungsi dari HUB / Switch ini untuk menghubungkan setiap node dalam LAN. Sering digunakan pada topologi dan extended star.

5. Bridge
Bridge berfungsi untuk memperluas jaringan. Dan untuk menghubungkan media jaringan yang tidak sama seperti kabel UTP dan fiber optic. Beroperasi untuk mengenali alamat MAC address node asal untuk mentransmisi data ke jaringan secara otomatis.

3 Tipe Dasar Bridge

    ⧪ Local
    ⧪ Remote
    ⧪ Wireless


6. Router
Gunannya untuk memperluas jaringan dengan melanjutkan paket dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Label routering ialah router yang berisi tabel-tabel informasi internal.

7. Crimping Tools
Digunakan saat melakukan instalasi networking yang berfungsi untuk memotong, merapikan, dan mengunci kabel UTP.



TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA, SEMOGA BERMANFAAT DAN MENAMBAH ILMU ANDA πŸ˜ŠπŸ’™
Ig/Id : renaldi_fals29
#SMKBansel1
#K1R








April 01, 2017

0 Responses to "PROTOKOL PENGALAMATAN"

Post a Comment